Minggu, 21 November 2010

SOFTWARE

Software atau perangkat lunak adalah komponen dalam sistem pemrosesan data. Fungsinya seperti mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol dan lebih efisien.

Operating system and graphical user interfaces
Operating system (OS) merupakan bagian terpenting dalam perangkat lunak computer. Program ini diciptakan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer, terutama kerja komputer yang bersifat mendasar seperti pengaturan data, tabel pengkodean, atau mengatur memori. Contohnya adalah windows, LINUX, MS-DOS. MS-DOS menjadi ukuran standar bagi sebuah PC, MS-DOS menggunakan teks sebagai sarana berinteraksi. Sedangkan Graphical user interfaces (GUI) menggunakan metaphor visual untuk berinteraksi.Window merupakan scontoh dari software. Setiap program yang sedang berjalan ditampilkan dalam ’window’ nya masing masing. ’window’ ini dapat berpindah, berubah ukuran, atau hilang tergantung perintah yang kita berikan kepada komputer.
Database and Spreadsheet program
Program database digunakan untuk mendaftar suatu informasi, sehingga informasi yang ada disimpan dan diatur sedemikian rupa di dalam komputer. Melalui adanya program ini, komputer dapat mengolah data dalam bentuk file secara rapi, cepat dalam hal penempatan dan manipulasi. Dengan ini, seseorang dapat mencari tahu informasi secara mendetail tentang sesuatu yang telah disimpan di dalam sebuah komputer. Lain halnya dengan program spreadsheet, program ini cocok dengan bidang finansial. Data akan dimasukan dengan format berupa tabel, kolom, dan baris. Fungsinya hampir seperti fungsi matematika. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti diagram batang, diagram garis, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar