Minggu, 21 November 2010

Pengetahuan Dasar Mengenai Komputer

Komputer berperan penting dalam revolusi komunikasi. Salah satu contohnya dikenal dengan sebutan PC (personal computer) yang diciptakan untuk memudahkan suatu pekerjaan. Komputer memiliki dunia jenis perangkat, yaitu perangkat fisik/ keras (HARDWARE) dan perangkat lunak (SOFTWARE).

HARDWARE

PC terdiri dari beberapa komponen penting yang menunjanganya, yaitu :

Memory
Memori dalam sebuah komputer tak lain adalah sebuah sistem penyimpanan internal komputer. Di dalam dunia teknologi, jenis memori yang bersifat sangat penting dikenal dengan sebutan RAM (random access memory). Di dalamnya disimpan segala bentuk program dan data yang diperoleh dari hasil penggunaan komputer.
CPU (central processing unit)
CPU tak ubahnya seperti ”otak” dari sebuah komputer. CPU lah yang mengatur program – program apa saja yang dapat dipergunakan di komputer tersebut dan juga perihal kecepatan dalam memproses data.
Expansion Board
Beberapa komputer dirancang memiliki sebuah celah atau lubang tempat ’expansion boards’ dicocokkan. Perangkat ini berguna bagi beberapa fungsi dasar komputer seperti meningkatkan tampilan pada monitor, atau meningkatkan kinerja pengoperasian komputer.
Data Storage
Beberapa sistem dipergunakan untuk memasukan data, bahkan saat komputer dalam keadaan mati. Contohnya adalah ’floppy disk’ yang digunakan untuk menyimpan data yang berasal dari luar komputer (disket). Atau ’hard drives’ yang merupakan sistem yang paling dikenal dalam penyimpanan data.



Monitor
Monitor merupakan komponen yang memunculkan tampilan gambar atau data dari sebuah komputer. Saat ini bagian pemasaran komputer sedang berlomba lomba untuk mengembangkan kecanggihan monitor. Dari mulai ukuran monitor yang berpengaruh pada daya jangkau penglihatan atas sebuah gambar hingga peningkatan resolusi gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar